Fajran Zain Isi Materi Kajian Kedai Coffee Tentang Sosialisasi KKR Aceh

Mediaaspirasi - Komisioner Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh Dr. Fajran Zain, MA menjadi pemateri di acara Kajian Kedai Coffee (KAKECE) dalam rangka sosialisasi KKR Aceh dengan tema "KKR: Solusi atau Ilusi" yang diselenggarakan oleh BAKOMUBIN Aceh Barat dan FORMUSI Aceh di Beelin Coffee, Meulaboh, Senin (14/8) malam.

Menurut Fajran, KKR penting dibentuk di Aceh untuk mengungkap kasus-kasus kekerasan masa lalu dengan baik, mecari fakta-fakta yang kuat bukan hanya cerita-cerita tanpa dasar.

Terbentuknya Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi Aceh didasari pada amanah butir 2.3 MoU Helsinki yang menegaskan bahwa Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi akan dibentuk di Aceh oleh Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi Indonesia dengan tugas merumuskan dan menentukan upaya rekonsiliasi, sebagaimana disebutkan dalam Nota Kesepahaman antara Pemerintah Republik Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka.

"atas dasar kesepahaman inilah, nilai-nilai hak asasi manusia dituangkan dalam Undang- Undang RI Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, yaitu untuk mencari kebenaran dan rekonsiliasi," jelasnya.

Lambaga ini dibentuk untuk memenuhi hak-hak korban pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang terjadi selama konflik bersenjata di Aceh, lewat pengungkapan kebenaran dan rekonsiliasi. Membantu tercapainya rekonsiliasi antara pelaku pelanggaran HAM baik individu maupun lembaga dengan korban.

“Pelanggaran HAM harus ditelusuri selama konflik Aceh, untuk rekonsiliasi, pengungkapan kebenaran dan pemenuhan hak korban,” tuturnya.

Farjan berharap, masyarakat khususnya para korban untuk memberikan kepercayaan kepada KKR dalam mencari fakta-fakta yang kuat dan jelas, memberikan keterangan yang jelas tentang tempat kejadian dan pihak mana pelakunya.

"Selama ini kami merasa dilema juga, karena banyaknya pihak-pihak yang sudah mendatangi para korban untuk meminta keterangan, sehingga para korban jenuh dengan keterangan-terangan yang terus di minta tanpa ada kapastian yang jelas." Tutupnya. (Ar)

Related

NANGGROE 2593764156521057833

Posting Komentar

  1. Nyo na perle saksi mata korban pelanggaran ham masa konflik hey lon beuh......

    BalasHapus
  2. Nice weblog here! Additionally your website lots up very fast! What web host are you the usage of? Can I get your affiliate link in your host? I wish my web site loaded up as fast as yours lol capitalone com login

    BalasHapus

emo-but-icon

item