ICI Launching Pinjaman Online Tanpa Bunga

Mediaaspirasi - Untuk membantu masyarakat mendapatkan pinjaman uang dengan cara mudah. Sejumlah pemuda Aceh Barat yang tergabung dalam komunitas Internet Cerdas Indonesia (ICI) melaunching platfrom bantusaudara.com, sebuah layanan pinjaman online tanpa bunga dengan konsep jaminan virtual.

Co-founder ICI, Rahmat Saputra, menyampaikan, bantusaudara.com dilaunching murni ingin membantu masyarakat yang kesulitan mendapat pinjaman dana dalam waktu yang relatih cepat, dan tanpa membebani dengan sejumlah bunga. Kata Rahmat, untuk tahap pertama program ini berlalu khusus lingkup Aceh Barat.

“Ide ini digagas karena seringnya kita menjumpai masyarakat yang mendadak butuh dana pinjaman dengan cara mudah dan cepat. Maka, program ini kita rancang. Bagi kami bukan untuk mencari keuntungan materi, akan tetapi murni untuk akhirat,” kata Rahmat, Senin (29/5/2017) di Meulaboh .

Rahmat mengaku, konsep ini baru pertama dikenalkan di Indonesia. Jaminan virtual adalah photo barang yang  bisa dijual ketika pinjaman telah jatuh tempo, tapi peminjam belum bisa mengembalikan dana pinjaman. Namun barang tersebut tetap berada pada peminjam, mereka cukup mengirimkan photonya saja.

“Semua proses administrasi dilakukan secara online, proses pencairan dan pengembalian danapun dilakukan melalui transfer bank. Tidak ada tatap muka sama sekali. Masyarakat cukup mengakses dan mengikuti tahapan disediakan di website bantusaudara.com,” Tambahnya.

Lebih lanjut Rahmat menjelaskan, dana yang digunakan tersebut berasal dari para donatur atau investor- investor akhirat, yang bersedia menitipkan sedikit dananya untuk dipinjamkan kepada masyarakat yang membutuhkan, tanpa keuntungan dan tanpa imbalan.

Walaupun begitu, tim ICI memiliki perjanjian dengan donatur untuk mengembalikan dana tersebut tepat waktu dan utuh 100%. Saat ini layanan bantusaudara.com sudah bisa diakses oleh masyarakat yang berdomisili di Aceh Barat.

“Jika dukungan masyarakat besar, tidak menutup kemungkinan daerah-daerah lainnya akan segera menyusul,” tambahnya.

Ia melanjutkan, sejak ide bantusaudara.com ini diluncurkan, platformini telah mendapatkan banyak apresiasi dari masyarakat dan mendapatkan 2 kali penghargaan nasional. Pertana, grand finalis kompetisi BRI Digital Challenge di Jakarta, dan Top 20 Regional TheNextDev Telkomsel di Surabaya.

Dr Erizar, salah seorang yang tergabung dalam tim ICI, menyampaikan, tahap ini pinjaman yang dapat diajukan mulai dari 100 ribu s/d 1 juta rupiah, dengan lama pinjaman 1 s/d 30 hari. Selain itu tidak ada biaya apapun. Dalam arti, jika pinjam 1 juta, kembalinya tetap 1 juta.

“Memang bantuan yang kami berikan ini sangat beresiko, karena itu kami sangat mengharapkan kejujuran dari calon peminjam. Mengingat tidak ada keuntungan materi sama sekali yang kami dapatkan. Kami hanya ingin membantu saudara dan mengharapkan ridho Allah semata,” kata Erizar. (actrn/ar)

Related

EKONOMI BISNIS 6735664486991270801

Posting Komentar

emo-but-icon

item