Rumah Sakit Regional Meulaboh Mulai Ditender

Mediaaspirasi - Dinas Kesehatan Provinsi Aceh telah melakukan tender untuk pembangunan Rumah Sakit Umum Regional Cut Nyak Dhien Meulaboh yang akan dibangun di kawasan Ujong Beurasok, Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.
Kepala Badan Perencanaan Pembanguan Daerah (BAPPEDA) Aceh Barat, Teuku Ahmad Dadek mengatakan informasi tender sesuai dengan pernyataan yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif.
“Tahap pertama akan dilakukan lelang senilai Rp 30 miliar rupiah untuk empat gedung seperti yang disampaikan Hanif dan pembangunan akan memakan waktu lima tahun,” kata Teuku Ahmad Dadek, Senin (20/2).
Dadek menjelaskan anggaran yang digunakan dalam pembangunan rumah sakit regional ini melalui Anggaran pendapatan Belanja Negara (APBN), APBA dan APBK, terutama untuk tanah dan pendukung lainnya.
Dalam kesempatan tersebut, kata Dadek, Pemerintah Aceh berharap kepada pemerintah daerah segera dapat memikirkan pembebasan lahan untuk perluasan jalan dan juga saluran PDAM khusus ke rumah sakit ini.
“Dana yang dibutuhkan untuk rumah sakit ini hingga selesai sekitar Rp 300 miliar, untuk tahap awal ini Rp 30 miliar dari APBA, tahun selanjutnya akan ada tambahan APBN,” jelasnya.
Dirinya mengungkapkan rumah sakit regional yang akan dibangun ini bisa menampung 500 ranjang yang dilengkapi dengan sarana helipad untuk pendaratan helikopter, masjid, dan sarana prasarana kesehatan lainnya. 
"Lahan yang dibutuhkan seluas 8 hektare, dan saat ini kami sedang berusaha pembebasan lahan untuk pelebaran jalan dua jalur menuju rumah sakit. Kedepan diperkirakan di seputar tempat tersebut akan tumbuh berbagai kegiatan untuk dukungan kepada rumah sakit, seperti rumah makan, penginapan, apotik dan lainnya,” kata Dadek.
Ditinjau dari letaknya, lokasi rumah sakit regional itu sangat strategis, untuk struktur tanah lahan rumah sakit setelah dilakukan peninjauan oleh konsultan ternyata sangat baik, sehingga dalam pembangunan pondasi awal tidak harus menggunakan tiang pancan.
"Pemkab sekarang telah melakukan pembersihan lahan," ujarnya. (ajnn/ar)

Related

NANGGROE 3971364549218379593

Posting Komentar

emo-but-icon

item