Abdya Miliki Calon Independen Terbanyak

Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memiliki jumlah pasangan bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah jalur independen (perseorangan) terbanyak di Aceh untuk pilkada serentak 2017. Jumlah bakal calon bupati/wakil bupati Abdya dari jalur independen mencapai enam pasangan.

seperti dilansir portalsatu.com, enam pasangan bupati/wakil bupati Abdya jalur independen yang menyerahkan syarat dukungan ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) adalah Maidisaldiwa-Ruslan, Zainal Arifin-Said Azhari, Muazzam-Hermansyah, Hasbi M. Saleh-Tgk. T. Alamsyah, Tgk. Muhammad Qudusi Syam Marfaly–Burnisal, dan Junaidi-Masrizal.

Ketua KIP Abdya Elfiza, Rabu, 17 Agustus 2016, siang, mengatakan, keenam pasangan bakal calon jalur independen itu memenuhi jumlah minimal dan sebaran dukungan. Syarat dukungan yang diserahkan enam pasangan bakal calon itu, kata Elfiza, akan diverifikasi faktual, 24 Agustus-6 September 2016.

Artinya, pasangan bakal calon itu baru dapat ditetapkan menjadi pasangan calon/peserta pilkada 2017 melalui berita acara KIP Abdya jika syarat dukungan mereka lulus verifikasi faktual nantinya.

Sebagai perbandingan, menurut Elfiza, calon bupati/wakil bupati Abdya jalur independen pada pilkada 2012 hanya dua pasangan. “Saat itu yang menyerahkan syarat dukungan ke KIP empat pasangan bakal calon independen, namun dua pasangan tidak memenuhi jumlah minimal dan sebaran dukungan sehingga gugur,” ujar Elfiza.

Dikutip dari wikipedia.org, dua pasangan calon bupati/wakil bupati Abdya jalur independen pada pilkada 2012 ialah  Akmal Ibrahim-Lukman dan Maimun Basyah Husein-Ramli Bahar. Selebihnya merupakan pasangan calon diusung partai politik atau gabungan parpol.

Sementara itu, untuk pilkada 2017, kabupaten/kota lainnya di Aceh hanya memiliki satu sampai tiga pasangan bakal calon independen yang memenuhi jumlah minimal dan sebaran dukungan hasil penelitian/verifikasi pihak KIP. Namun, di dua kabupaten di Aceh bahkan tidak ada alias nihil pasangan bakal calon independen yang maju pada pilkada 2017.

Artinya, untuk pilkada 2017, Abdya menjadi “juara” jumlah pasangan calon independen jika empat atau lebih pasangan bakal calon lulus verifikasi faktual nantinya. Sedangkan pada pilkada 2012, Aceh Barat dan Aceh Timur sebagai “juara” jumlah pasangan calon independen. Jumlah pasangan calon bupati/wakil bupati jalur independen di dua kabupaten itu masing-masing mencapai sembilan pasangan.(prtlst/yu)

Related

NANGGROE 7866919906253043289

Posting Komentar

emo-but-icon

item