Revisi Qanun Pilkada Prakarsa Eksekutif, Bukan DPR Aceh

BANDA ACEH - Revisi Qanun Pilkada Aceh atau secara resmi dikenal dengan Rancangan Qanun Aceh tentang Perubahan atas Qanun Aceh Nomor 5 Tahun 2012 merupakan prakarsa Pemerintah Aceh di tahun 2016. Hal tersebut ditetapkan berdasarkan keputusan DPRA Nomor 5/DPRA/2016 telah ditetapkan sebanyak 15 judul Raqan Aceh sebagai Prioritas Tahun 2016.

"Terdiri dari 12 judul prakarsa Pemerintah Aceh dan 3 judul inisiatif DPRA," ujar Kasubbag Qanun Aceh Biro Hukum Setda Aceh, Muhammad Junaidi, SH, MH, dalam laporan perkembangan Rancangan Qanun Aceh Tahun 2016 yang diterima portalsatu.com, Kamis, 14 April 2016.

Dia mengatakan dari 12 Raqan Prakarsa Eksekutif sebagai Prolega Prioritas 2015, sebanyak 10 judul sudah disampaikan ke DPRA. "Dua sedang pemantapan konsepsi dengan SKPA terkait. Selanjutnya dari 10 yang sudah disampaikan ke DPRA, enam sudah dilakukan pembahasan dan empat belum dibahas."

Di samping itu, kata Muhammad Junaidi, sesuai asas kumulatif terbuka Pemerintah Aceh juga telah menyampaikan dua rancangan qanun seperti Raqan Badan Pertanahan Aceh dan Raqan Perubahan RPJMA.

"Sedangkan tiga Raqan Prolega Prioritas Tahun 2016 Inisiatif DPRA, belum satupun ada yang disampaikan ke eksekutif seperti Raqan Aceh tentang perubahan atas Qanun Aceh Nomor 7 tahun 2007 tentang penyelenggara Pemilu di Aceh, Raqan Aceh tentang Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh (JKRA), dan Raqan Aceh tentang perubahan kedua atas Qanun Aceh Nomor 2 Tahun 2008 tentang Tata Cara Pengalokasian Tambahan Dana Bagi Hasil Migas dan Penggunaan Dana Otonomi Khusus," katanya.

Hal ini dibenarkan oleh Wakil Ketua DPR Aceh, Teuku Irwan Djohan. Dia mengatakan revisi Qanun Pilkada tersebut bukan inisiatif atau keinginan dari DPRA.

"Tetapi perubahan qanun tersebut adalah usulan dari eksekutif. Usulan untuk mengubah Qanun Pilkada tersebut disampaikan oleh Pemerintah Aceh melalui surat resmi yang ditujukan kepada Ketua DPRA, bertanggal 8 Oktober 2015. Surat tersebut ditandatangani Gubernur H. Zaini Abdullah," katanya. (prtlst/xx)

Related

NANGGROE 3311364852197730308

Posting Komentar

emo-but-icon

item