AL Tiongkok Tangkap Drone Bawah Air AS

Mediaaspirasi - Angkatan Laut Tiongkok menangkap sebuah kapal tanpa awak milik Angkatan Laut AS, Kamis (15/12). Drone bawah air itu digunakan Angkatan Laut AS untuk menguji kondisi air di perairan Laut China Selatan, demikian diutarakan oleh Pentagon, Jumat (16/12).
Insiden tersebut terjadi, Kamis (15/12) di wilayah sekitar 50 mil laut, Baratdaya Teluk Subic di perairan internasional di Laut China Selatan. Insiden itu diawali saat Kapal USNS Bowditch yang merupakan kapal survei oseanografi - dengan kebanyakan kru sipil - tengah mencoba menarik kembali dua drone bawah laut.
Dua drone itu dioperasikan untuk mengumpulkan informasi mengenai kondisi air yang bisa membantu operasi kapal milik AS. Kemudian kapal selam milik Tiongkok dari kelas Dalang III mendekati areal tersebut - hanya sekitar 457 meter dari Bowditch dan mengambil salah satu drone dan membawanya.
Bowditch kemudian menghubungi kapal selam tersebut dan meminta agar drone tersebut dikembalikan. Kendati menerima pesan radio dari Bowditch, kapal selam itu meneruskan operasi pengambilan drone lalu meninggalkan area. Insiden ini terjadi sekitar pukul 13:45 waktu lokal. (ar)

Related

INTERNASIONAL 7462797807920154196

Posting Komentar

emo-but-icon

item