50 Mahasiswa AKN Aceh Barat Ikuti Pelatihan Astronomi


Mediaaspirasi - Sebanyak 50 Mahasiswa Akademi Komunitas Negeri (AKN) Aceh Barat ikuti pelatihan astronomi dan perhitungan bulan Hijriah di kampus setempat. Pelatihan yang diikuti 50 peserta ini, diharapkan mampu  menumbuhkan minat mahasiswa terhadap perkembangan ilmu astronomi, khususnya dalam penerapan terhadap kajian islam di Aceh Barat.

Pelatihan yang diadakan pada 28-29 November 2016 ini, menghadirkan peneliti yang juga pakar astronomi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala, Dr. Suhrawardi Ilyas, M.Sc.

Koordinator AKN Aceh Barat, Dr. Mursyidin, MA mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar mampu melakukan perhitungan dan penentuan bulan pada tahun Hijriah yang sering menjadi perdebatan di kalangan masyarakat. Selain itu, peserta pelatihan juga dilatih untuk menentukan geometri bumi pada perhitungan arah kiblat.

Menurutnya, pengetahuan tentang perhitungan bulan Hijriah dan penentuan arah kiblat, perlu di edukasikan kepada masyarakat Aceh yang memiliki kultur budaya Islam. Sehingga pengetahuan Islam masyarakat Aceh Barat dapat didukung dan dikuatkan dengan ilmu pengetahuan.

“Selama ini pendidikan tentang ilmu astronomi khususnya tentang pengetahuan perhitungan bulan Hijriah dan penentuan arah kiblat masih kurang akrab di telinga masyarakat, ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya pelatihan tersebut, mahasiswa AKN Aceh Barat mampu menjadi pernyambung lidah pihak kampus dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang tatacara perhitungan bulan Hijriah dan penentuan arah kiblat.

“Sehingga menjadi solusi terhadap perdebatan-perdebatan yang terjadi di dalam masyarakat, harapnya. (Ar)

Related

PENDIDIKAN 5196336546315317983

Posting Komentar

emo-but-icon

item